PORTING POLISH
TIPS PORTING POLISH YANG BAGUS DA TIDAK NGEMPOS
Sebelumnya sudah disinggung tentang langkah
porting polish. Disini kita juga harus mengetahui bagaimana ciri
porting polish yang benar. Jika sebelumnya kamu sudah mereamer lubang
masuk dan keluar kita harus melihat portingnya setelah dipakai atau
sudah dibuat jalan,kemudian copot kembali manifold dari dudukanya ..
Jika
setelah dibuka bagian poring berwarna kehitam-hitaman maka porting
kurang benar atau alur campuran bb dan udara belum tepat. Jika dalam
lubang alur klep isap berwarna bening dan agak sedikit kuning keemasan
maka porting sudah tepat. Tidak terlalu kebesaran juga tidak banyak
tahananya.
Dilihat lubang buangnya kita bisa melihat dari banyaknya kerak yang
menempel,jika terlalu banyak kerak dan terkesan ada jelaga yang banyak
maka alur lubang buang masih kurang tepat. Memang pada lubang buang
lebih kotor karena lubang buang beruna membuang sisa pembakaran yang
terjadi diruang silinder. Seperti perumpamaan saja jika mulut kita
diumpamakan lubang isap dan anus kita lubang buang maka yang tetlihat
bersih tetap mulut kita kan. Tapi setidaknya tidak banyak jelaga yang
menempel terlalu banyak.
Dalam porting lubang buang kita tidak harus over untuk diameternya
karena bisa juga terlalu lebar diameter lubang buang motor akan
ngos-ngosan tidak bertenaga diputaran bawahnya. Tapi juga tidak boleh
kelewat kecil karena membuat mesin tertahan dan tidak bisa los,panas
mesin juga akan berlebih dan kemungkinan overheat akan timbul.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar